Jumat, 16 Mei 2014

VR


Virtual Reality
Virtual reality adalah pemunculan sebuah gambar-gambar tiga dimensi yang di bangkitkan dari komputer dan terlihat seperti nyata dengan bantuan sejumlah perangkat/peralatan teknologi modern.

VR(Virtual Reality) pada teknologi game

VR(Virtual Reality) pada teknologi game adalah menvisualkan/memayakan dunia nyata ke dalam bentuk  3 Dimensi yang di implementasikan kedalam bentuk game dan membuat si pemakai layaknya melakukan aktivitas yang ada di dunia nyata.

Contoh game VR(Virtual Reality)
Game yang berimplementasi kan VR adalah
1.      Audition ayo dance
2.      The Sims
3.      Idol street
4.      Team Fotress 2 
5.      Worms 3D
6.      Half Life 2
7.      Frontier
8.      Elite: Dangerous
9.      Kingdom Come: Deliverance

a    aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya. 


Keterkaitan VR(Virtual Reality) di berbagai bidang
1.      Militer
untuk membantu angkatan bersenjata berltih perang menggunakan musuh virtual.Oleh karena itu, VR akan sangat membantu dari segi finansial dan tempat yang dibutuhkan dan sistem dapat selalu dimaintain dan diperbaiki.

2.      Hiburan :
Museum Virtual, Permainan balap, Simulasi pertempuran udara, Taman Virtual, Simulasi Ski.

3.       Di bidang Pendidikan
Konsep Virtual Reality juga banyak dimanfaatkan di bidang pendidikan sebagai media pembelajaran yang paling efektif. Selain itu aplikasi virtual reality dapat berupa laboratorium virtual, studi effek angin, simulasi gempa, model astronomi dan pengujian matematika yangkompleks. Di Jepang terdapat pameran yang berjudul “Dinosaurs-Miracle of the Desert” dimana pengunjung dapat melihat secara langsung dinosaurus berjalan-jalan di museum dengan menggunakan alat bantu penglihatan. Dengan alat ini pengunjung bisa seakan-akan berada dalam satu ruangan dengan dinosaurus. Mengamati bagaimana dinosaurus berinteraksi. VR dimanfaatkan untuk membuat pemodelan molekul, pemodelan proses pembelahan sel pada pembelajaran biologi dan pembelajaran lain yang kompleks dan sulit untuk dilakukan di secara nyata.

4.       Medis
Virtual reality diaplikasikan pada bidang medis seperti simulasi pembedahan, pembelajaran fisiologi, pemodelan interna. Terdapat virtual anatomi tubuh manusia yang dibuat oleh China. Program ini dibuat dengan vidoe interaktif. Dengan adanya kemudahan ini kita dapat melihat anatomi manusia dengan lebih nyata.

Hardware Virtual reality
1.       Oculus Rift
2.       Project Morpheus
3.       Virtuix Omni
4.       Razer Hydra

Pengaruh Virtual Reality di dunia "change the world"

Menurut saya Virtual Reality mempunyai pengaruh yang amat besar dalam perubahan teklogi di dunia bahkan mungkin suatu saat dapat men visualisasi dunia kedalam bentuk maya. Dari segi komunikasi mungkin orang-orang tidak perlu repot-repot datang ke tempat lokasi tetapi hanya cukup bervirtualisasi ke dalam sebuah tempat yang sudah di sedia kan. Selain itu di dalam sisi ekonomi, mungkin akan meminimkan biaya yang di keluarkan dengan merancang design objek-objek atau protoype hanya secara virtual tanpa harus membeli suku cadang yang mahal. Kemudian dari segi hiburan, sangat memungkinkan bagi para gamers lebih atraktif dalam memainkan nya dengan sentuhan sensifitas yang tinggi. Lebih dari itu, virtual reality dapat memungkin kan kita membuat skenario kehidupan secara maya atau simulasi dalam kepentingan tertentu.
Source



Rabu, 07 Mei 2014

Perkembangan Console Game

Perkembangan game saat ini sangat pesat. Mungkin dulu kita belum mengenal video game, yang dimainkan hanya permainan di dunia nyata seperti permainan tradisoanal. Tetapi seiring berkembangnya teknologi, kini permainan bisa dilakukan dirumah sendiri dengan video game dan bukan tidak mungkin untuk kedepannya bukan hanya video game yang bisa di mainkan tapi virtual game seperti dalam film The Matrix, kita yang masuk kedalam game itu dan bermain di dunia virtual. 

Jenis video game:

Sebelum membahas tentang perkembangan video game kita lihat dulu jenis - jenis  video game berdasarkan alat yang digunakan dan berdasarkan genrenya :

Platform atau alat yang digunakan untuk bermain game ada bermacam - macam yaitu
  1. Console games : yaitu alat untuk memainkan video game yang dihubungkan ke monitor biasanya monitor TV sebagai tampilan atau outputnya. jenis console game seperti nintendo wii, sega, playstation, x box dsb.
  2. PC games : video game yang dimainkan di Personal Computer atau Laptop. 
  3. Mobile games : Game yang dimainkan di handphone atau PDA
  4. Hendheld games : Game yang dimainkan pada console portable  (bisa dibawa kemana-mana) contohnya PSP, nintendo DS, dsb. 
Berdasarkan Jenis Genrenya atau cara memainkannya : 
  1. RPG (Role Playing Game) : sebuah permainan yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Contohnya Final Fantasy, Ragnarok, dsb.
  2. RTS (Real TIme Strategy) : suatu permainan komputer yang memiliki ciri khas berupa permainan perang yang tiap pemainnya memiliki suatu negara, negara tersebut di kelola dalam hal pengumpulan sumberdaya (alam, manusia, ekonomi), pengaturan strategi pasukan-pasukan tempur, diplomasi dengan negara tetanga, peningkatan ekonomi, pengembangan keyakinan, pengembangan pendidikan dari negara primitif menuju peradaban modern. Contohnya : Age of Empire, Command n Conquer, Stronghold, Warcraft, dsb.
  3. FPS (First Person Shooter) : Jenis permainan dengan tampilan pada layar pemain adalah sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan.
  4. Action games : Permainan yang banyak adegan fisik atau kekerasan.
  5. Simulation games : Video games yang menggambarkan kehidupan seperti biasa. game ini banyak jenisnya seperti Life Simulation Games contohnya the sims dan ada juga yang mengendarai suatu kendaraan seperti flight simulator, trains simulator, bis simulator dsb.

Perkembangan / sejarah game:

Game diatas mempunyai sejarah yang cukup panjang hingga bisa sampai seperti itu. Berikut gambaran perkembangan teknologi game



Generasi ke-satu

Pada tahun 1952 A.S. Douglas menciptakan permainan grafis pertama, versi Tic-Tac-Toe. Game tersebut diprogram pada komputer ‘EDSAC vaccuum-tube’. Pada generasi ini ditemukan pula game pertama yang dimainkan pada televisi, game ini diberi nama "Chase" oleh seorang insinyur televisi yang bernama Ralph Bear. Pada tahun 1972 Ralph Bear membuat game consol pertama yang diberi nama Maganavox' Odyssey. Game yang dimainkan pada saat itu adalah "PONG".


Generasi ke-dua

Permainan video game consol kedua kadang disebut juga sebagai “awal era 8 bit”. Pada pertengahan tahun 1970-an ini menggunakan kemajuan CPU dan penggunaan catridge sebagai dasar consol. video game ini terdiri dari mikro prosesor, gamenya dimasukkan kedalam kepingan ROM (Read Only Memory) yang tertempel didalam tempat plastik cartridge yang dapat dimasukkan kedalam slot di konsol. Ketika cartridge di masukkan kedalam konsol, maka tujuan utama mikro prosesor di dalam konsol adalah membaca memori dari cartridge dan menjalankan program yang tersimpan disana.
Consol game digenerasi ini yang terkenal adalah atari 2600 atau VCS ( Video Computer System) dan terdapat pula console game yang lain yaitu Intellivision dan Colecovision


Generasi ke-tiga

Generasi video game ke tiga ini dimulai pada tahun 1983 oleh Jepang melalui peluncuran Famicom yang sekarang dikenal sebagai NES (Nintendo Entertainment Sistem) dengan salah satu game terkenalnya yaitu mario bros. NES mempunyai saingan yaitu Sega Master System yang dibuat di Amerika. 
Generasi ke-empat

Generasi ke-empat dimulai pada tanggal 30 Oktober 1987 dengan dirilisnya Nippon Electric Company (NEC) PC Engine tetapi walaupun NEC telah dirilis sebagai yang pertama pada generasi ke empat, namun di era ini tetap didominasi oleh persaingan Nintendo dan Sega, Super Nintendo dan Sega Mega Drive. Beberapa perusahaan hiburan lainnya juga mulai hadir pada generasi ini, salah satunya adalah SNK Playmore's Neo Geo.

Generasi ke-lima

Generasi kelima lebih dikenal sebagai era 32 bit, Generasi ini berlangsung dari sekitar 1993 sampai 2002 dan didominasi oleh tiga konsol, yang Sega Saturn (1994), yang Sony PlayStation (1994), dan Nintendo 64 (1996). DIsini Game sudah tidak lagi menggunakan catridge yang dimasukan kedalam slot, tetapi sudah menggunakan cd untuk memainkan gamenya. 


Generasi ke-enam

Generasi keenam ini terdapat 4 console terkenal yaitu sega dreamcast, playstation 2, nintendo game cube dan x-box. Generasi ini dimulai pada saat tanggal 27 November 1998 dengan dirilisnya DreamCast, selanjutnya dikeluarkannya console Playstation 2 saat Maret 2000. Sedangkan untuk console Gamecube dan Xbox mulai dipasarkan sekitar bulan September dan November. Game pun sudah dikemas kedalam bentuk DVD, kecuali sega dreamcast yang menggunakan gd-rom.

Generasi ke-tujuh 

Pada generasi ini tiap console mulai diperlengkapi dengan sistem online; tambahannya, seluruh console tersebut memiliki fasilitas “broadband-ready”. Sega sudah meninggalkan dunia konsole dan berkosentrasi dalam pembuatan software game.
Generasi ini dimulai dari 22 November 2005 dengan dirilisnya Microsoft’s Xbox 360 dan diikuti oleh Sony’s Playstation 3 pada 11 November 2006 dan Nintendo’s Wii pada 19 November 2006. Masing-masing sarana permainan yang baru memperkenalkan type terbaru dalam teknologi. Sebagai contoh, Xbox 360 dan Playstation 3 menawarkan tampilan atau grafik dengan kualitas tinggi, pada saat yang sama Nintendo’s Wii fokus pada pengendali atau biasa yang disebut joystick dengan menggunakan sensor gerak. Ketiga saran permainan di atas mempunyai joystick tanpa kabel atau yang disebut dengan wireless.
berikut kelebihan dan kekurangan console games pada generasi ini

  •  Xbox 360

mempunyai kelemahan yang biasa disebut dengan “Red Ring of Death” yang terjadi pada sistemnya. Oleh sebab itu pihak Microsoft memberikan garansi 3 tahun pada pemakai agar dapat memperbaikai segala kerusakan yang diakibatkan oleh system secara gratis. Model terbaru dari Xbox 360 telah dipatenkan daripada yang sebelumnya, mengurangi panas (tidak cepat panas) dan gagal system. Dalam memproduksi Xbox, tidak membutuhkan biaya yang mahal karena masih menggunkan teknologi DVD.

Video Output : RGB, VGA, Component, S-Video, Composite, SCART.

  • Playstation 3
Sony’s Playstation 3 dirilis pada tanggal 11 November 2006 dengan harga yang lebih mahal daripada Xbox. Playstation mempunyai system terbaru seperti Cell Microprocessor dan Blue Ray. Penggunaan Blue Ray sangat menguntungkan konsumen karena disc yang dipakai bisa tahan lama.

Video Output : HDMI, RGB, Component, Composite, S-Video, SCART

  • Wii
Nintendo memasuki generasi ini dengan pendekatan baru dalam Wii Console. Wii lebih memilih peningkatan kepuasan melalui interaksi pemakai dari pada menggunakan teknologi terbaru. Teknologi yang dipakai oleh Wii adalah sensor gerak yang dapat memnudahkan pemakai memainkan game. 

Video Output : D-Terminal, RGB, Component, Composite, S-Video, SCART


Dampak game terhadap Psikologis
Berikut beberapa jenis dan macam pengaruh game terhadap psikologis anak sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
§  Imajinatif.
Dunia anak-anak adalah dunia imajinasi dan khayalan yang terkadang anak-anak masih suka berandai-andai sehingga wajar saja bila anak berkhayal menjadi tokoh yang dimainkan. Namun yang menjadi persoalan adalah seringnya anak-anak mewujudkan khayalan dan fantasi karakter game dalam kehidupan sehari-hari yang seringkali dapat membahayakan diri sendiri, teman dan sekitarnya, seperti game fighting yang memungkinkan anak melakukan tindak kekerasan kepada orang lain. Disinilah peran orang tua sangat besar untuk memberikan pengertian apa dan bagaimana game yang boleh dimainkan sesuai umur anak

§  Benar dan salah.
Anak-anak masih belum mengerti konsep antara benar-salah, dan mungkin yang lebih aneh lagi adalah adanya jenis game yang memberikan poin tambahan apabila mampu melakukan satu misi sesuai yang diminta sebagai contoh misi yang diminta yaitu mencuri mobil ataupun memukul dan membunuh orang. Secara psikologis, anak akan mendapatkan doktrin bahwa mencuri atau melakukan tindakan kekerasan pada orang lain merupakan tindakan yang sah dan benar. Untuk itu perhatian orang tua jangan sampai terlewat akan hal ini, cari tau permainan apa yang sedang anak-anak mainkan. Beri penjelasan mana yang perbuatan yang boleh dan mana perbuatan yang tidak boleh.

§  Candu.
Menurut salah seorang pakar tumbuh-kembang anak, dikatakan bahwa permainan game merupakan salah satu bentuk stimulasi yang bisa menyebabkan kecanduan bagi mereka yang memainkannya, apalagi jika jenis game yang ditawarkan adalah jenis petualangan. Secara psikologis, anak yang telah kecanduan game, akan susah diarahkan untuk melakukan kegiatan lain seperti selain bermain game. Oleh karena itu, orangtua harus tegas dalam mengambil tindakan pembatasan jam anak bermain game.

Saran :
  • Agar setiap developer game membuat game tidak hanya mengedepankan hiburan saja, melainkan mengaplikasikanya untuk pembelajaran, dan menyesuaikan dengan nilai norma adat, kesopanan dan juga norma agama.
  • Untuk orangtua agar lebih mengontrol anak anaknya saat bermain game console, memberikan arahan, memberikan pengertian mengenai game, mendampingi saat bermain, menjadi teman bermain, agar masukan dan pengertian yang disampaikan mudah dan dapat diterima.


Daftar pustaka:







PENGANTAR KOMPUTASI MODERN

Perkembangan Komputasi Modern      Hampir sebagian besar orang mengetahui apa itu komputer, lain hal nya dengan komputasi. Komputas...