Jumat, 16 Mei 2014

VR


Virtual Reality
Virtual reality adalah pemunculan sebuah gambar-gambar tiga dimensi yang di bangkitkan dari komputer dan terlihat seperti nyata dengan bantuan sejumlah perangkat/peralatan teknologi modern.

VR(Virtual Reality) pada teknologi game

VR(Virtual Reality) pada teknologi game adalah menvisualkan/memayakan dunia nyata ke dalam bentuk  3 Dimensi yang di implementasikan kedalam bentuk game dan membuat si pemakai layaknya melakukan aktivitas yang ada di dunia nyata.

Contoh game VR(Virtual Reality)
Game yang berimplementasi kan VR adalah
1.      Audition ayo dance
2.      The Sims
3.      Idol street
4.      Team Fotress 2 
5.      Worms 3D
6.      Half Life 2
7.      Frontier
8.      Elite: Dangerous
9.      Kingdom Come: Deliverance

a    aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya. 


Keterkaitan VR(Virtual Reality) di berbagai bidang
1.      Militer
untuk membantu angkatan bersenjata berltih perang menggunakan musuh virtual.Oleh karena itu, VR akan sangat membantu dari segi finansial dan tempat yang dibutuhkan dan sistem dapat selalu dimaintain dan diperbaiki.

2.      Hiburan :
Museum Virtual, Permainan balap, Simulasi pertempuran udara, Taman Virtual, Simulasi Ski.

3.       Di bidang Pendidikan
Konsep Virtual Reality juga banyak dimanfaatkan di bidang pendidikan sebagai media pembelajaran yang paling efektif. Selain itu aplikasi virtual reality dapat berupa laboratorium virtual, studi effek angin, simulasi gempa, model astronomi dan pengujian matematika yangkompleks. Di Jepang terdapat pameran yang berjudul “Dinosaurs-Miracle of the Desert” dimana pengunjung dapat melihat secara langsung dinosaurus berjalan-jalan di museum dengan menggunakan alat bantu penglihatan. Dengan alat ini pengunjung bisa seakan-akan berada dalam satu ruangan dengan dinosaurus. Mengamati bagaimana dinosaurus berinteraksi. VR dimanfaatkan untuk membuat pemodelan molekul, pemodelan proses pembelahan sel pada pembelajaran biologi dan pembelajaran lain yang kompleks dan sulit untuk dilakukan di secara nyata.

4.       Medis
Virtual reality diaplikasikan pada bidang medis seperti simulasi pembedahan, pembelajaran fisiologi, pemodelan interna. Terdapat virtual anatomi tubuh manusia yang dibuat oleh China. Program ini dibuat dengan vidoe interaktif. Dengan adanya kemudahan ini kita dapat melihat anatomi manusia dengan lebih nyata.

Hardware Virtual reality
1.       Oculus Rift
2.       Project Morpheus
3.       Virtuix Omni
4.       Razer Hydra

Pengaruh Virtual Reality di dunia "change the world"

Menurut saya Virtual Reality mempunyai pengaruh yang amat besar dalam perubahan teklogi di dunia bahkan mungkin suatu saat dapat men visualisasi dunia kedalam bentuk maya. Dari segi komunikasi mungkin orang-orang tidak perlu repot-repot datang ke tempat lokasi tetapi hanya cukup bervirtualisasi ke dalam sebuah tempat yang sudah di sedia kan. Selain itu di dalam sisi ekonomi, mungkin akan meminimkan biaya yang di keluarkan dengan merancang design objek-objek atau protoype hanya secara virtual tanpa harus membeli suku cadang yang mahal. Kemudian dari segi hiburan, sangat memungkinkan bagi para gamers lebih atraktif dalam memainkan nya dengan sentuhan sensifitas yang tinggi. Lebih dari itu, virtual reality dapat memungkin kan kita membuat skenario kehidupan secara maya atau simulasi dalam kepentingan tertentu.
Source



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGANTAR KOMPUTASI MODERN

Perkembangan Komputasi Modern      Hampir sebagian besar orang mengetahui apa itu komputer, lain hal nya dengan komputasi. Komputas...